Begini Tips Mudah Menata Taman di Balkon


Begini Tips Mudah Menata Taman di Balkon Apartemen - Warga perkotaan saat ini tidak sedikit yang gemar bercocok tanam. Sayangnya kurangnya lahan kosong di area kota membuat sebagian orang kota mengurungkan niatnya untuk bercocok tanam. Terlebih lagi apabila anda tinggal di hunian seperti apartemen ataupun kondominium.

Sebenarnya bercocok tanam sendiri memiliki banyak manfaat. Mulai dari membuat udara di sekitar menjadi lebih segar karena asupan oksigen yang lebih banyak hingga bisa mengurangi stress dan mengurangi dampak pemanasan global.

Nah, bagi anda yang tetap ingin bercocok tanam meskipun tinggal di apartemen ataupun kondominium, yuk simak tips dibawah ini.


Berikut tips mudah menata taman di balkon apartemen

1. Tipe tanaman yang diinginkan

Untuk membuat taman, anda harus tentukan dahulu tipe tanaman apa saja yang akan ditanam. Banyak desain yang bisa anda susun sesuai dengan keinginan, misalnya dengan menata pot berisi tanaman sukulen di sebuah rak.

Atau jika anda berencana membuat urban farming dengan menanam berbagai buah dan sayur juga bisa. Oleh karena itu, penting untuk menentukan tipe tanaman apa saja yang akan ditanam agar proses perawatan lebih mudah.

2. Pilih tanaman sesuai dengan asupan cahaya

Seperti yang kita tahu, asupan cahaya matahari yang didapat oleh taman tentu akan terbatas jika tinggal di apartemen. Jadi, sebaiknya buatlah taman di balkon atau letakkan tanaman di dekat jendela supaya tanaman mendapat asupan cahaya yang cukup untuk tumbuh dan berfotosintesis.
Pilih pot yang unik

Pemilihan pot tanaman yang menarik juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Dengan penggunaan pot yang unik dan menarik, tentu akan menambah nilai keindahan dari taman mini anda. Tak hanya itu, jika memiliki kreatifitas lebih, anda juga bisa menghias pot tanaman anda sendiri dengan di cat ataupun dilukis.

3. Pastikan untuk mengganti pot tanaman

Waktu penggantian pot perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Gantilah pot anda dengan yang lebih besar minimal setahun sekali. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah akar dari tanaman tumbuh terlalu panjang.

4. Tutup tanah pot


Apabila anda merasa bahwa tanah dari pot yang berantakan dapat membuat ruangan menjadi kurang enak dipandang, ada juga nih trik buat menyiasatinya. Anda bisa menutup tanah di pot dengan menggunakan batu kerikil yang sudah di cat warna-warni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini nih Jadwal Perawatan Rumah Berkala Yang Baik dan Benar

Ini nih Tips Buat Memilih Pompa Air Yang Tepat